show episodes
 
Selamat datang di Ceritanya Developer. Podcast yang menampilkan developer, programmer atau engineer Indonesia inspiratif, yang tersebar di seluruh dunia. Bersama saya Riza, kita akan menggali bagaimana mereka berjuang, suka dukanya dalam perjalanan karir, hingga kesalahan konyol saat ngoding. Podcast ini diproduksi oleh Deep Tech Foundation, sebuah startup non profit yang punya misi menyetarakan talenta digital di Indonesia.
 
Ceramah yang disampaikan tentang beberapa amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada akhir bulan ramadhan, seperti membayar zakat fitrah, banyak mengucapkan tahmid dan takbir serta melakukan shalat iedul fitri di tanah lapang (musholla) sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah dan mengikuti sunnah nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam.
 
Loading …
show series
 
Apa sih sebetulnya yang jadi pertimbangan perusahaan untuk merekrut developer? Menurut Chichi Utami, selain teknikal skill, yang menjadi pertimbangan lain adalah growth mindset, problem solving, inisiatif, keinginan terus belajar, dsb. "Sebetulnya apa yang dibutuhkan perusahaan itu seberapa jauh calon developer ini mau belajar dan mau tumbuh dan be…
 
Ternyata nggak cuma technical skill aja yang dibutuhkan untuk jadi developer keren. Kemampuan komunikasi, leadership dan manajemen juga sangat penting untuk dipelajari jika kamu terobsesi untuk jadi tech lead, VP bahkan CTO. "The next step you should really pay attention and need to work on is your communication skill because you will not work alon…
 
Kepengen punya gaji dollar tapi tetap kerja dari rumah? Remote working bisa memungkinkan hal itu. Ini sudah dibuktikan oleh Eko Suprapto Wibowo, CEO Remote Worker ID. Meski kerja dari rumah di Bantul, Eko memiliki banyak klien dari berbagai negara. "Skill orang Indonesia sebetulnya bisa compete dengan orang dari negara manapun. Saya kerja di perusa…
 
Meski berasal dari kota kecil di Sumatra Utara, kontribusi Ivan Kristianto sudah mendunia. Ia menganggap coding adalah jalan hidupnya. Nggak heran, Google Developer Expert Web ini banyak berkontribusi ke open source yang menuntunnya mendapatkan project atau klien yang lebih besar. "Dengan berkontribusi kita bisa banyak belajar, dengan banyak belaja…
 
Ada banyak cara untuk berkontribusi pada masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan Muhammad Mustadi yaitu dengan membuat API Covid 19. Open source ini, telah banyak digunakan oleh programmer di seluruh dunia termasuk Wes Bos-developer terkenal dari Kanada. "Saya terinspirasi membuat Covid 19 API ini saat mendengar pandemi merebak pertama kal…
 
Kalau sempat kepikiran buat pindah karir ke programmer, mungkin kita bisa belajar banyak dari Go Frendi Gunawan. Pria yang aktif di komunitas DevC Malang ini, dulunya adalah dosen yang banting setir menjadi Data Engineer di Kata.ai Meski menemui banyak tantangan dalam perjalanan karirnya, Pak Go punya tips biar tetap bertahan, "Kalau bisa, kita pun…
 
Pernah ditipu pas beli handphone android, malah bikin Ibnu Sina Wardi tertarik ngoprek dan membuat aplikasinya sendiri. Dari pengalaman tersebut, Chairman GITS.ID ini mulai mengadvokasi orang lain untuk memakai android di 2010. Rupanya, pengalaman menjadi speaker ini menjadi portfolio pria yang akrab disapa Ibun tersebut, untuk jadi Google Develope…
 
Menjadi perempuan nggak mengecilkan nyali Veni Johanna untuk berkiprah di Silicon Valley. Director of Engineering, Quora ini memang sejak SMA sudah mengukir berbagai prestasi, salah satunya melalui TOKI atau Tim Olimpiade Komputer Indonesia. Hal ini membuka jalurnya untuk kuliah di Stanford dan menjadi mentee seorang engineer bernama Edmond Lau yan…
 
Drop out dari kampus di Jerman, nggak bikin Hilman Ramadhan putus asa. Alih-alih tenggelam dalam penyesalan, ia membuat Sekolah Koding yang merubah hidupnya. "Setelah DO ternyata masih banyak teman yang mau belajar koding sama saya. Awalnya cuma 2 sampai 3 orang saja. Tapi lama-kelamaan nambah, saya jadinya kewalahan. Akhirnya saya bikin Sekolah Ko…
 
Menjadi peneliti di bidang Artificial Intelegent (AI) rupanya harus berani gagal lho. Karena menurut Adhiguna Kuncoro, mayoritas percobaan yang kita lakukan akan gagal. "Namanya riset kemungkinan besar akan gagal. Kalau berhasil mungkin orang lain udah ada yang kejar ide itu duluan," sahut Senior Research Scientist di Google Deep Mind tersebut. Ia …
 
Game nggak hanya seru buat dimainkan, tapi juga menginspirasi Pradita Utama untuk menjadi programmer. Semasa kuliah, ia sering nongkrong di laboratorium kampus buat main game. Sampai akhirnya kenal senior lalu diajak bekerjasama dalam sebuah proyek. Hal ini akhirnya membuka jalur karirnya, hingga kini menjabat sebagai VP of engineer Biznet. Pria ya…
 
Suka main ke warnet ternyata menginspirasi Didiet Noor untuk membuat software billing internet saat SMA. Karya pertamanya tersebut, menumbuhkan ketertarikannya pada dunia pemrograman hingga bekerja di berbagai perusahaan teknologi selama 14 tahun. Menurut pria yang menyukai bahasa GO ini, syarat untuk menjadi programmer atau developer yang handal a…
 
Pernah sekolah dan bekerja di luar negeri, membuat Ibrahim Arief kaya akan pengalaman. Perbedaan budaya Indonesia dengan negara lain, memberinya kacamata berbeda, sekaligus mendorong dirinya melakukan berbagai hal sepulangnya ke tanah air. "Engineer Indonesia itu harus di-encourage untuk benar-benar bisa speak up. Bisa menyuarakan concern kita dan …
 
Bagi Ainun Najib, meski bekerja dan tinggal di luar negeri tapi kecintaannya pada Indonesia nggak pernah luntur. Praktisi data science ini menuturkan keresahannya pada situasi Indonesia yang menggerakkannya membuat situs kawal pemilu. "Indonesia waktu itu (2014) sedang terpolarisasi dan saya tuh ngeri, saya khawatir bangsa Indonesia pecah" ujarnya …
 
Sedari SMA, Rizal sudah tahu bahwa dia ingin bekerja dengan komputer suatu saat nanti. Hal inilah yang menuntun dirinya mengambil kuliah jurusan computer science hingga membawanya bekerja di swedia. Dalam bekerja, ada beberapa prinsip yang diterapkan oleh pria yang menyukai fotografi ini. Antara lain pantang menyerah, mengurangi asumsi dan menerapk…
 
Apa yang lebih penting dari kesuksesan materi? Bagi Alamanda adalah dengan menjadi berdampak untuk lebih banyak orang. Oleh karenanya, wanita ini mendirikan Binar Academy sebagai wadah pendidikan non-formal bagi orang-orang yang ingin belajar programming. Selain mengambil double degree, wanita yang mengawali karir sebagai IOS Engineer ini sebetulny…
 
Dari hobby main game, Sandhika Galih terinspirasi buat belajar programming. Tapi gara-gara game juga, youtuber tech ini nyaris DO dari kampusnya dulu. Demi mengejar ketinggalan, Sandhika Galih giat belajar hingga saat ini berprofesi sebagai dosen IT di sebuah universitas di Bandung. Nggak cuma ngajar on site, materi pembelajarannya juga bisa diakse…
 
Loading …

Panduan Referensi Cepat

Google login Twitter login Classic login